A MOTORCYCLE 2BLOGGER 5 NATIONAL PARK

Coming Soon Ride 2 National Park Stage 2 ------- Eastern Indonesia (Ride2theast)

Road to Taman National Ujung Kulon


pantai taman jaya


pantai taman jaya
Road to Taman National Ujung Kulon

Perjalanan di awali dari kota Jogjakarta-menuju ujung kulon via utara, pukul 16:30 berjalan menyusuri kota magelang-temanggung-parakan-secang-batang, antara parakan secang jalan aspal hancur penerangan yang kurang dari motor hingga sulit untuk memilih jalannya sempet menyerah tapi sudah setengah jalan dan saya beranikan diri dan memotivasi diri saya sendiri “saya tak sendiri saya bersama Allah” sempet melihat makhluk yang berada di alam lain juga sungguh itu menguji mental di kala kita riding sendirian seperti ini.

Sampai perbatasan Kota batang pukul 21:00 di situ langsung menuju angkringan kucing hitam untuk mengisi perut dan menanyakan jalur yang aman ini kebiasaan saya saat riding sendirian jadi banyak bertanya pada penduduk sekitar, seperti ke warung kopi pinggir jalan. Di angkringan kucing hitam saya memesan segelas teh panas dan makan nasi megono, sambil menikmati makanan dan minuman dan ngobrol sama yang punya angkringan.

Selesai istirahat di angkringan kucing hitam batang saya lanjutkan perjalanan menyusuri pantura dari batang-pemalang-brebes-tegal-cirebon-indramayu. Jalan batang-pemalang aspalnya mulus sedikit hancur karena ulir bekas ban truck dan di dominasi bus malam dan truck yang sadis sesekali saya minggir di bahu jalan karena ada bus yang mau mendahului dari kiri.
Perjalanan masih di lanjutkan di jalur brebes- tegal pertama jalur halus kilometer terakhir mau masuk tegal ada perbaikan jalan dan di situ macet dan saya harus menikmati jalan di bahu jalan yang penuh air setelah hujan taka pa namanya juga road  to ujung kulon jadi harus belajar berkubang kayak badak.

Dari tegal-cirebon jalannya lumayan panjang yang membuat sedikit ngantuk sempet berhenti di sebuah mini mart untuk membeli air putih dan coklat untuk menambah energy menyusuri jalur pantura itu rasanya monotone sekali jalan lurus yang tak ada habisnya apalagi motor saya hanya 100CC dan kecepatan maximal 100KPJ dan harus menikmati itu.

Sampai Cirebon sudah sekitaran tengah malem pukul 00:00 tanggal 11 di  hari sabtu dan masih harus terus berjalan menuju cikarang tempat mbah suyut utomo, target subuh sudah sampai cikarang, menyusuri jalan Cirebon-indramayu yang sangat panjang, halus dan banyak lobang sampai matraspun jatuh entah di mana.

Setelah indramayu saya harus melanjutakan rute perjalanan menuju karawang-cikarang sampai pom bensin karawang untuk mengisi bahan bakar yang kebetulan motor saya setiap 120 km satu kali harus mengisi bbm, ada whatsaap dari mang dadang salah satu sahabat Nusantarider yang berkediaman di karawang yang isinya “mas latanza sampai mana??” dan saya jawab ini baru masuk perbatasan karawang mang dadang dan mang dadang di mana?? Beliau menjawab “saya baru pulang kerja ini langsung packing dan menuju cikarang nanti ketemuan di depan lotte martkarang ya” ok perjalanan saya lanjutkan dengan menyusuri jalur karawang cikarang yang sama dengan cirri khas jalanan pantura adalah lubang dan jalan yang lurussssss lempeng.

Pukul 05:00 saya sudah memasuki daerah karawang dan mencari Lotte mart sepertinya saat itu cikarang habis hujan besar terlihat dari bahu-bahu jalan yang penuh dengan kubangan. Dan 05:45 saya sampai depan lotte mart cikarang dan bertemu mang dadang yang sepertinya mang dadang lagi tiduran di motor karena kelelahan habis dari kerja dan langsung bablas akan menuju ujung kulon, dan kamipun bersalaman dan mang dadang bertanya lho sendirian Serius?? Dan saya jawab iya kebanyakan yang lain lewat selatan. Dan gak berpanjang lebar saya dan mang dadang langsung menuju rumah mbah suyut utomo.

Sampai tempat mbah suyut utomo sekitar pukul 06:30an saat itu macet di cikarang kota industri sudah mulai beraktifitas jadi jalan santai di kecepatan 40 kpj. Di depan rumah mbah suyut utomo mang dadang mengetuk pintu “tom tom “ tak lama kemudian mbah suyut utomo membukakan pintu dengan wajah-wajah baru bangun tidur sampai di sana saya di persilahkan masuk dan istirahat tapi kita malah ngobrol dan ngopy kebetulan mang dadang baru pulang dari Sulawesi dan membawa kopi khas sana salah satunya kopi toraja mbah suyut langsung membuatkan saya dan mang dadang kopi toraja di sambi dengan ngobrol-ngobrol tentunya seputaran menjelajahi Indonesia dan motor.

Di rumah mbah suyut saya sempet tidur satu jam dan mandi sebelum melanjutkan perjalanan menuju ujung kulon.

To be continue selanjutnya perjalanan menembus Ibukota menuju UjungKulon
track  yang harus kita lewati untuk masuk TN Ujung Kulon
pantai taman jaya





  

1 komentar: