A MOTORCYCLE 2BLOGGER 5 NATIONAL PARK

Coming Soon Ride 2 National Park Stage 2 ------- Eastern Indonesia (Ride2theast)

journey of tengger semeru sesion III






pada hari kamis tanggal 2 agustus 2012 pukul 19:00 wib dari turen rumah nenek tersayang,perjalanan saya awali ke malang dengan tujuan sekre FR2malang untuk nemuin si Peli/Dimas dan temu kangen ma saudara2 FR2Malang,,di sana saya bercerita kalau hari jumat saya mau ke ranu pane-bromo kalo bisa sih sambil cari jalur menuju ranu kumbolo.


Dari obrolan itu banyak yang pengen ikut dan banyak yg masih ragu-ragu untuk waktunya kenapa nunggu jumat gak sekarang aja gitu ‘’makkkk jdieng’’ udah pada gak sabaran ternyata mengikuti jalaurku. Ok dari situ di putuskan berangkat kamis pukul 00:00 karena masih mau menunggu si chandra latian cornering dulu, dengan squad surya/kacong,zhen,peli,iping,philip,chandra/su dan saya sendiri,lumayan banyak squad yg ikut mantabb dah, langsung prepare.


Tiba pukul 22:30 wib sudah pada siap semua loh???gak langsung berangkat tapi kita mau kumpul dulu di warung cak bejo, depan gereja ijen kota malang,,ealah!!! Sambil nunggu si chandra main miring2an. Kita ngopi2 maen uno sambil meracuni bikers2 malang untuk ikut ke bromo, yang kebetulan lagi pada kumpul di tempat ini,eh teryata eh ternyata gak ada yang kena racun cz jalur yg akan di lewati cukup extreme dan menguras tenaga,,hehhe yasudahlah masih dengan squad gila yang sama,,,gak terasa udah pukul 23:45 wib eh masih ada yg pesen makan yaudah kita tunggu2,,dan ternyata saya juga lapar pesen juga deh mie goreng+triple telur biar kuat,,saat itu emang warung cak bejo lagi rame jadi antri.
yak tepat pada pukul 01:30 wib (waktu indonesia bikers) jauh dari rencana, setelah briefing n prepare kita berangkat menuju tumpang,sampai tumpang pukul 02:10 wib kita semua isi BBM kebetulan motor saya  tangkinyanya kecil jadi cuma ngisi Rp 12000 + Rp 5000 di taruh di botol buat jaga2,,,hehehe dan kami lanjut berjalan lagi untuk ke swalayan di tumpang untuk belanja logistik masing-masing untuk sahur kebetulan pas lagi bulan ramadhan meskipun perjalanan jauh harus tetep puasa,belanja udah selesai lanjuttttttt jalan dah pada pagi hari yang masih gelap dan mistis pertama kita melewati jalan aspal mulus,kanan kiri hutan dan jurang yang nanjak sampai daerah poncokusumo berlanjut daerah coban/air terjun pelangi.




Setelah coban pelangi kita melewati jalan beton yg  hancur dan licin,,akhirnya kita sampai pos coban trisula biasa udara dingin membuat sering buang air kecil berhenti dan istirahat sekitar 15menitan,dari coban trisula kita melanjutkan perjalanan menuju pos ngadas yang jalannya gak kalah hancur dan tanah semi semen yg hancur dari sebelum-sebelumnya wahhh mantabbb ini yang saya cari buat melatih skil,dan di situ motor sedikit ngesot2 kekanan dan ke kiri karena tanah yang cukup licin tapi seruuuuu bener-bener seruu tarikk gass mang,, sampai2 lupa temen2 pada ketinggalan di belakang untung sudah sampai pos ngadas berhenti sejen`k sambil menunggu mereka dan mendinginkan mesin sekitar 10menitan kelihatan sorot lampu mereka dan mereka datang langsung ajak jalan lagi gak usah berhenti kelamaan..hehehe,,, lanjut jalan di situ saya duel sama iping menggeber motor lebih dari yg lainnya dan akhirnya squad yg lain ketinggalan lagi sampai pos pertigaan antara ranu pane dan bromo di situ ada joglo2an lumayan bisa buat istirahat dan ngecamp.

pukul 03:20 wib kita sampai pos joglo langsung siap2 untuk memasak buat santap sahur logistik dan equipment untuk memasak semua di keluarkan,,masak2 sampai bikin kopi jahe pun kita lakukan bersama-sama sampai makanpun juga sama-sama mantab dah the real Adventure brotherhood. Setelah makan dan sholat subuh dilanjut tidur untuk mengisi tenaga dan melepas lelah.
Pukul 05:45 saya,zen dan chandra sudah bangun karena secuil matahari sudah tampak,tanpa basa-basi kita langsung menuju gardu pandang yg ada di pos joglo, di gardu pandang setinggi 20meteran ini kita bisa melihat sunrise, puncak gunung semeru,dan bukit teletubies sungguh indah pemandangannya yang tak bisa di lukiskan dengan kata-kata dan cerita. Gak terasa di atas  gardu pandang sampai 1jam lebih dan berhubung angin yang semakin besar cukup bahaya untuk kami terus di atas ini dan diputuskan turun dan melanjutkan perjalanan menutu RANU PANE,sempat bertanya sama bapak penjual bakso jarak dari pos joglo-ranu pane sekitar berapa pak??? “tanya saya” dan ‘’bapak itu menjawab’’ sekitar 2kilometeran mas sudah deket kok dan saya pun mengumumkan ke temen-temen yang ikut hanya 2km deket kok dan pemandangannya juga mantab  tujuannya untuk memberi semangat pada mereka..hehehehe padahal di situ jarak yg akan di tempuh lebih dari 7kilometer dengan track yang sangat hancur tapi juga ada yg halus.

pukul 07:30 kita melanjutkan perjalanan menuju RANU PANE, di perjalanan ini sangat banyak berhentinya untuk narsis-narsisan atau sejenak menunggu temen yang tertinggal di belakang dan pukul 08:00 kita sampai pos pendakian ranu pane narsis dulu dan di lanjut ke shelter/tempat untuk istirahat para pendaki2 di ranu pane sampai sana kita istirahat sejenak di  teras ada juga yang tertidur dan di sini ada satu obrolan tentang jambore jejak petualang yang ada di ranu kumbolo dan di sini kita tertantang dan bersemangat untuk mencari jalur motor yang katanya om isal ayesa temen dari nusantaride dan  team touring unyu-unyu ada jalurnya.






Dan di situ kita mempunyai semangat baru untuk sampai ranu kumbolo tapi juga ada yg ragu-ragu karena gak bawa cadangan BBM dialah si iping, masalah BBM urusan terakhir tapi kita harus bertanya kepada penduduk sekitar dulu dan akhirnya saya awali naik ke jalur pendakian with my revo motor kesayangan saya dan temen-temenpun menyusul,tolah-toleh dan celingak-celinguk mencari penduduk sekitar belum ketemu juga setelah berjalan sekitar 3km akhirnya ketemu juga mas-mas yang mau ke kebun dan terjadilah percakapan panjang di sini dan dapat di simpulkan jalur ke ranu kumbolo dengan membawa motor tidak bisa dengan alasan karena sudah banyak pohon dan dan jalan yg tidak memungkinkan,dan saya putuskan untuk turun saja tidak mau mengambil resiko untuk memaksakan melanjutkan perjalanan ke RANU KUMBOLO,dan menuju ke bukit teletubies,pasir berisik dan gunung bromo.

Pukul 09:00 kita melanjutkan perjalanan menuju bukit teletubies??? Bukit teletubies adalah padang savana yang ada di sekitaran pegunungan bromo dan bukit ini mirip dengan bukit-bukit di acara serial anak di tv dulu makannya banyak yang menyebut bukit ini dengan bukit teletubies di sini kita jalan sesuka hati menikmati perjalanan ini, pukul 10:00 mungkin karena puasa jadi cepet terasa capek dan melihat ada pohon yang sangat teduh dan nyaman gak banyak omong langsung meluncur kesana. Sampai di pohon yang teduh ini langsung menggelar alas buat tidur dan saatnya tidur.. ZZZzzzZZZZzzzzZZ
gak berasa udah pukul 12:00 saatnya prepare untuk beroffroad ria melewati lautan pasir yang sangat luas jadi berasa seperti paris dakar di sini saya sempet terjatuh karena beban di box yg terlalu berat dan terlalu bersemangat menggeber motor terlalu kenceng jadinya mak gubrak untung saja tidak ada kerusakan serius pada MY REVO cuma sepion yang melintir aja, di sini kita berexplorasi masing-masing dan narsis masing-masing sampai di pasir berisik semua berkumpul. Dan di sini saya berpamitan untuk mengambil jalur pulang yang berbeda di karenakan masih ada urusan yang lain di probolinggo dan mereka melanjutkan perjalanan pulang kembali ke jalur berangkat. 

Pukul 14:30 saya melanjutkan perjalanan dengan menghabiskan track pasir dahulu dan mulai deh aspal, saat di track pasir sempet terjadi accident terjatuh lagi karena muatan dalam box yg sangat berat tapi tidak ada masalah,,lanjut perjalanan lagi,,,di sini gunung bromo cukup padat karena akan ada upacara khasodo suku tengger.suku tengger adalah suku asli pegunungn tengger semeru yang rata-rata beragama hindu dan upacara ini biasanya di lakukan satu kali dalam 1 tahun dengan berbagai ritual salah satu ritualnya adalah melarung kambing di kawah bromo, tapi berhubung saya sudah harus ada di probolinggo pukul 15:00 karena ada janji,jadi gak bisa menyaksikan ritual khasoso tanggal 4-5nya. Dan akhirnya saya sampai probolinggo pukul 15:10 wib telat 10 menit gak papalah....heheehe


































https://www.facebook.com/media/set/?set=a.3072203182966.104468.1800247457&type=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar