A MOTORCYCLE 2BLOGGER 5 NATIONAL PARK

Coming Soon Ride 2 National Park Stage 2 ------- Eastern Indonesia (Ride2theast)

Journey of hiking merapi mountain

foto: https://www.facebook.com/media/set/?set=a.3021724081020.102899.1800247457&type=3

perjalanan ini di awali dari obrolan iseng saya dengan citraxenna temen dari komunitas Gila Motor dan sebagai senion Mapala di jogja, semula perjalanan ini akan di lakukan pada tanggal 8 juni 2012 tapi berhubung saya galau gak ada kegiatan saat weekend pas tanggal 1 juni 2012 yaudah deh di putuskan melakukan perjalanan saat itu juga berkonsultasi dulu pada si citraxenna sebagai istilahnya pemandu,,dan saya langsung mencari massa untuk  ikut dalam perjalanan saya dan akhirnya satu orang kena racun yaitu adi dan ray yang juga temen dari komunitas Gila Motor dan ray mengajak 1 temannya yang saya lupa namanya. Dengan perjalanan yang bertema adventure riding dan adventure hiking ini yang mungkin saya menyebutnya begitu.

siang tanggal 1 juni 2012 pagi saya mengontak temen-temen untuk belanja logistik bersama dan setelah jumatan kita berkumpul di Indogrosir JL Magelang km 6 yogjakarta tapi sang  pemandu gak bisa ikut di karenakan mengantar cewenya periksa mata, setelah belanja logistik antara lain mie,sosis,air minum,roti,snack,dll saatnya prepare masing-masing dan berkumpul di kost citraxenna janjiannya jam 19:00.

Pukul 19:00 wib(waktu indonesia bikers) tepat saya sudah di kost citraxenna yang ternyata sudah siap juga dan 15 menit kemudian  si adi dateng, ternyata eh ternyata malah yang bawa logistik si ray wiratama malah baru bangun tidur dan  bilang mau mandi dulu setelah lama menunggu dan menunggu kita makan dulu beli nasi goreng saatnya makan tak lama kemudian si ray datang sama temennya, setelah makan, kita lanjut pembagian logistik yang sudah di bawa ray.

pukul 20:10 Wib kami berangkat menuju pos pendakian merapi di daerah magelang tepatnya di selo dengan menggunakan motor masing-masing kebetulan kemarin MY REVO sudah di service dan siap untuk melewati tanjakan yg curam di sini MY REVO sangat enteng tarikannya karena sudah di service di DIG Repair yg kebetulan juga milik mbah donni yang kebetulan juga temen dari komunitas Gilamotor Jogjakarta. Di sini perjalanan dari jogjakarta menuju pos pendakian selo yang terletak di antara magelang dan boyolali di butuhkan waktu +- 1,5 jam, tapi sayangnya kita melakukan perjalanan malam jadi  kurang bisa menikmati pemandangan di sekitar dan harus berkonsentrasi di jalan. Jalan dari magelang menuju selo sangat nyaman tapi juga ada yang sebagian yang dalam proses perbaikan,setelah melewati jalan yg di perbaiki kita dapat jalan berliku-liku dan naik turun di sini kita bisa memacu adrenalin dengan melakukan sedikit cornering .

dan kami sampai di pos selo pukul 21:50 dan memarkir MY REVO di tempat pos pendakian,dan dalam hati berkata kepada MY REVO “maaf ya VO kamu gak boleh ikutan” hehehehe dan kami melakukan prepare dan pengecekan barang-barang yang kami bawa semua udah beres, dan saatnya berdoa agar di beri keselamatan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

pukul 22:30 kita juga melakukan pemanasan sejenak agar  tidak kram dan dilanjutkan perjalanan dengan berjalankaki di hati bertanya-tanya “ apa aku sanggup ya??? “ dan kemudian berteriak dengan keras dalam hati “MY LIFE MY ADVENTURE” “BISA GAK BISA HARUS BISA”  itulah cara saya dalam menyemangati diri sendiri saat mungkin kondisi mental dan fisik saat ngedrop  dan sambil terus berjalan menajak dengan kemiringan yg sangat miring menuju post di new selo di sini kondisi fisik saya sangan ngedrop bagaikan di peras-peras rasanya tapi mental masih tetap mendorong “kamu harus semangat dan harus bisa “  kami terus melakukan perjalanan langkah demi langkah dan sampai di sekitar perkebunan dan di samping kiri jurang yang cukup terjal di situ kondisi fisik saya sangat ngedrop sampai muntah-muntah dan terguling dan berfikir mungkin perjalanan saya cukup sampai di sini saja biar temen-temen yang melanjutkan sampai puncak  saya sempet merebahkan badan sekitar 10 menit dan kelihatannya si pemandu citraxenna membuka tas saya untuk mengurangi beban yang saya bawa sungguh pengertiannya terhadap tim dan memberi semangat “ayo jo sedikit lagi sampai pos 1 terus tidur” dan saya mempunyai semangat baru. Langkah demi langkah kita lewati dengan perbandingan jalan dan istiarahat 2:3 banyak istirahatnya di karenakan  masih membiasakan fisik saya. Dan masih denger perkataan pemandu “ayo jo tuh di atas udah keliatan” padahal gelap dan kelihatan tapi hati ini masih bisa di bohongi lanjut selangkah 2 langkah dengan perlahan.

dan  sampai di pos 1 sekitar 23:50 istirahat sejenak dan  si citraxenna pun berkata kalo mau tidur jangan di pos ini anginnya gede nanti aja di pos 2 saya pun berfikir ayoooo deh setelah istirahat tenagapun juga udah kembali sedikit demi sedikit dan lanjut perjalanan menuju pos 2 di sini fisik saya udah mulai beradaptasi dengan alam sekitar jadi untuk perjalanan udah tinggal mengatur nafas dan langkah kaki tapi juga sempet kram pada perut tapi teratasi dengan baik.langkah-langkah terus ku lakukan.

Pukul 01:30 sampai pos 2 istirahat sejenak untuk mengatur nafas dan mengisi tenaga sambil membuka tas untuk mencari snack dan  di temukanlah malkist roma abon sapi snack yang gak pernah ketinggalan saat touring maupun hiking,lanjut perjalanan lagi menuju pos 3 untuk tidur dengan ngebut yg berner ngebut padahal kondisi tracknya lebih terjal dari pada menuju pos 1 atau pos 2 jalan berbatu vulkanik yang menusuk-nusuk ujung sepatu dan longsor jadi 3 langkah hanya dapet 1 langkah tapi di sini semangat kami ada untuk makan dan tidur di pos 3 yeah semangatku pun terus mebara hingga sampai pos 3.

Sampai pos 3 sekitar pukul 02:30 dan kita ngecamp di gua, saya langsung bergegas membuka matras dan langsung tidur sedangkan temen-temen lainnya masih masak dan bikin minuman hangat di sela-sela tidur saya sempat di bangunin untuk makan dan tidur thanks brother the real adventure brotherhood. Sedangkan saya tidur temen-temen masih belum tidur karena masih mau menunggu sunrise di tempat ini memang sangat indah yang tidak bisa di lukiskan dengan kata-kata lampu kelap-kelip kota solo pun kelihatan dari ketinggian bagaikain bintang di langit bawah. Tapi saya gak bisa menikmati sunrisenya meskipun sudah di bangunkan dan saya tetap memilih tidur karena kondisi fisik yg sangaat ngedroop.

Pukul 09:00 kami melanjutkan jalan menuju puncak merapi  dan melewati tebing-tebing yang terjal kita lewati munuju pasar burbah ehhh kok ada pasar ya  tapi kok sepi banget, ternyata eh ternyata ini adalah pasar jin, ijin melintas ya om jin dari pasar burbah kita menaruh carier di balik batu yang gak mungkin di bawa ke puncak karena bisa membuat  fisik cepet capek, dan ini saatnya kita berjalan  kembali untuk sampai puncak dengan melewati tanjakan yang sangan curam dan berpasir di sini kita menemukan teknik mendaki dengan jalan katak di padukan dengan laba-laba.  Memang penuh perjuangan tapi gak rugi dengan pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan sampai saya gak bisa berkata apa-apa Subbhanallah, dan kata si citraxenaa di sini setiap tahunnya pasti berganti viewnya karena gunung ini setiap tahun mempunyai aktivitas yang beda.

Jalan berbatu dan berpasirpun terus kita lewati sedikit demi sedikit,tapi puncak semakin dekat semangatpun terdorong untuk semakin cepat bagaikan ban yang kempos dan di pompa,hehehehe
pukul 10:00 kita sampai puncak GUNUNG MERAPI dengan selamat dan masih semangat untuk turun, di sana bagaikan negri di atas awan yang sangat indah, selain dapet  view yang indah kita juga dapet hadiah dari kita sendiri satu buah okkyjellydrink dan beberapa potong roti rasa susu lumay`n buat mengganjel perut yang emang energy terkuras habis, setelah sekitar 30menit di puncak,karena suasana yang semakin terik dan ada goncangan dari gunung kita mempersiapkan untuk turun.

tepat pukul 10:30 kita turun pertama melewati jalanan batu yang longsor tak jarang kita terperosok dan tumbang setelah jalan batu kita melewati jalan berpasir turunan yah di sinilah kita baru bisa berekspresi masing-masing si ray dengan gaya lari di turunan berpasir dan sedangkan saya cukup duduk dan membiarkan grafitasi membawa saya. Dan kita sampai pasar burbah lagi untuk mengambil barang yang tadinya kita tinggal di balik batu setelah itu kita melanjutkan perjalanan turun melewati tebing-tebing yang kita lewati sebelumnya dalam perjalanan naik, dan ternyata saya baru sadar kalau perjalanan turun membuat kita lebih capek tapi energi yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak dan kita memutuskan untuk istirahat di camp yang tadi kita lewati dan saatnya memasak makan siang, setelah makan kamipun tidur. zzzZZZZZZ

Pukul 14:00 kita semua terbangun dan gak sadar kalau udah mau sore dan cepet-cepet berkemas barang, kita menghindari perjalanan pada malam hari karena mungkin lebih berbahaya. Pukul  14:30 kita start dari camp di perjalanan turun ini kita sering terjatuh karena pasir yang sangat licin dan baru yang longsor mengikuti gravitasi, di perjalanan turun ini logistik minum kita sangat minim jadi harus berhemat dikit demi sedikit pos-pos kita lewati, di pos 1 kita beristirahat agak lama dan disitu ada bayangan kalau sudah sampai bawah nyari gorengan dan es teh mantab kayaknya dengan sigap kita langsung bersemangat dan melanjutkan perjalanan untuk gorengan dan es teh,, “semangat gorengan dan es teh”

tepat pukul  17:30 kita sampai pos new selo dan di situ kita makan gorengan dan ngeteh behhh mantabbb serasa baru keluar dari hutan,,,hahahaha, di sana kita banyak ketemu pendaki-pendaki yang akan naik juga dan ada juga pendaki cilik sekitar umur 10 tahunan yang akan naik ke puncak juga beeehhh saluttt. Setelah menikmati hidangan yang kami idam-idamkan di atas dan berasa puas kita melanjutkan turun menuju pos pendakian merapi yang juga tempat parkir MY REVO, akhirnya ketemu dengan motor kesayangan saya setelah sekitar 20jam di tinggal,di sini kita prepare untuk turun menuju jogjakarta dan saatnya bermiring-miring yeahh...

Pukul 19:00 manasin motor yang cukup sulit untuk di hidupkan mungkin karena faktor cuaca yang sangat dingin tapi lama kelamaan juga hidup juga dan kita melakukan perjalanan menuju jogjakarta yeah miring-miring dan makan sampai kenyang dan tidurrrrr,,dan tiba di jogjakarta pukul 20:15 kita gak langsung pulang masing-masing tapi makan bersama dulu di burjo deket kost saya. Pukul 21:00 kita saling berpamitan dan pulang kost/rumah masing-masing.