A MOTORCYCLE 2BLOGGER 5 NATIONAL PARK

Coming Soon Ride 2 National Park Stage 2 ------- Eastern Indonesia (Ride2theast)

Pantai Sukamade dan Konservasi Penyu Taman Nasional MeruBetiri



Dalam perjalanan Ride 2 National Park kami mengunjungi Taman Nasional Merubetiri di desa Sarongan kecamatan Pesanggaran kabupaten Banyuwangi Jawatimur, di Taman Nasional Merubetiri juga terdapat konservasi penyu tepatnya di Sukamade masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Merubetiri. Di sana kami banyak belajar tentang penyu mulai dari pengambilan telur penyu di Pantai Turtle atau pada umumnya menyebut pantai sukamade.




pelepasan tukik
Di dalam konservasi penyu pertama harus menunggu pendaratan penyu di pantai pada malam hari sangat seru kita di pandu dengan mas penyu dan om dokter penyu (sebutan buat petugas konservasi penyu) om dokter penyu dan mas penyu sangat ramah sekali dan kita bisa mengorek-ngorek Ilmu perpenyuan mereka, dan ternyata penyu itu bisa di tentukan jenis kelaminnya dengan suhu dalam pasir dan bisa menentukan kelaminnya sendiri setelah berumur 10-15 tahun, team konservasi penyu Sukamade menentukan suhu dalam pasir konservasi untuk betina dengan suhu di atas 30 derajat celcius dan pejantan dibawah 28 derajat celcius.


tukik


Banyak jenis penyu yang mendarat di Sukamade ada 4 jenis penyu dari 6 jenis penyu yang ada di Indonesia yaitu Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata), Penyu Slengkrah (Lepidochelys olivaceae), dan Penyu Belimbing (Dermochelys coriaceae). Penyu yang paling sering mendarat adalah Penyu hijau.C. mydas disebut penyu hijau karena mempunyai warna lemak dan daging agak kehijauan. Ciri morfologinya antara lain terdapat sepasang sisik prefrontal pada kepala, tempurung berbentuk hati dengan tepi rata dan berwarna hijau coklat dengan bercak coklat tua sampai hitam. Karapas terdiri dari empat pasang costal, lima vertebral dan 12 pasang marginal yang tidak menutupi satu sama lain. Terdapat sepasang kuku pada flipper/dayung depan, kepalanya kecil dan bundar. Keping perisai punggung tukik penyu hijau berwarna hitam, sedangkan bagian ventral berwarna putih. Lokasi kegiatan pelestarian penyu hijau (C. mydas) dilaksanakan di Resort Sukamade SPTN Wilayah I Sarongan, dimana Pantai Sukamade merupakan salah satu tempat mendarat penyu di pulau Jawa bagian Timur.

Untuk penangkarang harus melewati proses
  • -penyu mendarat di pantai untuk bertelur
  • -penyu membuat lubang telur
  • -penyu bertelur
  • -penyu membuat lubang tipuan untuk menipu predator  
  • -pengambilan telur penyu
  • -penananaman telur penyu di konservasi pada pagi hari
sekali bertelur penyu membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk melewati proses-proses tersebut. Penyu di sukamade bermigrasi lebih dari 2000 kilometer katanya bisa sampai Australia saat menuju ruaya pakan

Panduan Pengamatan penyu dari sukamade
  • kurangi kegaduhan hingga paling minimum tetaplah tenang dan bergerak dengan pelan.
  • jangan mendekati penyu yang baru saja mendarat, karena pada saat ini level kewaspadaan penyusedang pada tingkat tinggi, penyu dapat menjadi ketakutan dan kembali kelaut.
  • indukan penyu yang baru bertelur harus di tinggalkan sendiri, tak boleh di dekati.
  • minimalkan penggunaan senter, sebaiknya menggunakan lampu merah jangan mengarahkan langsung ke muka induk penyu
  • mundurlah pelan-pelan jika penyu merasa ketakutan.
  • tidak boleh mengganggu tukik jika sedang bertemu dengan tukik ketika melakukan pengamatan penyu bertelur.
  • jangan mengambil foto dengan lampu blits sebelum indukan bertelur, karena lampu blits akan membuat penyu buta sesaat.

pananaman/penangkaran telur penyu

Sangat seru dalam mengikuti konservasi penyu di Sukamade Taman nasional Merubetiri ini kami tim Ride 2 National Park banyak belajar banyak, dan dapat pemandangan keren bintang-bintang (milkyway) yang seperti bersatu di angkasa membuat cahaya remang yang menyinari bumi dan melatih insting kita dalam penangkapan cahaya dalam keremangan dan di pagi harinya kita melakukan pelepasan tukik.
pengambilan telur penyu mulai dari pukul 19:00 sampai dapat penyu yang bertelur dengan jalan 700m menuju pantai dan nanti ada info lagi untuk menuju sektor telur bertelur panjang pantai Sukamade 3,8Km di bagi setiap sektor 150M dari ujung pantai. dan pelepasan penyu dilaksanakan pagi hari sekitar jam 7:00


pantai Sukamade



Tidak ada komentar:

Posting Komentar